Pernah gak sih teman-teman membaca berita atau melihat salah satu di acara televisi mengenai seseorang yang berhasil atau kaya dengan investasi? Pastinya pernah kan? Memang benar, jika kita pandai dalam megelola keuangan dan digunakan untuk berinvestasi, maka kemungkinan besar kita akan mendapatkan keuntungan yang besar. Semakin cepat memulai investasi, maka semakin cepat pula kekayaan atau keberhasilan akan menghampiri kita.

Tapi melakukan investasi itu tidak semuadah apa yang kita pikirkan, apalagi bagi seoarang pemula. Bahkan jika kita salah berinvestasi bukannya keuntungan yang didapatkan akan tetapi justru kerugian yang didapatkan.

Berikut ini tim Indofinansial akan memberikan informasi dan tips investasi bagi pemula yang dapat kita terapkan ke dalam sejumlah instrumen investasi pilihan kita, apa saja itu?

Tentukan Tujuan Investasi

Ketika kita ingin berinvestasi, hal yang pertama dilakukan adalah dengan cara menentukan tujuan investasi. Jika tidak memiliki tujuan, niscaya perencanaan atau plan kita akan kacau dan berantakan. Buatlah sebuah tujuan, misalnya dengan kita ingin melanjutkan pendidikan, membeli kendaraan, rumah atau untuk berlibur.

Jangan Menunda Investasi

Jika kita tidak akan mulai dari sekarang untuk investasi, maka sampai kapan akan berinvestasi. Karena jika menunda dan menunggu waktu yang tepat, maka tak akan menemukan waktu yang tepat untuk berinvestasi. Maka dari itu mulai dari sekarang kita harus bisa berinvestasi. Jangan menunda waktu, ya.

Pasang Target

Nah ini adalah salah satu langkah yang penting bagi seorang investor saat memulai investasi. Kita harus merancang dan membuat target kapan dan berapa nilai investasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan investasi. Misalnya dengan membeli rumah baru di tahun depan atau membeli kendaraan dua tahun yang akan datang. Semuanya harus dirancang dengan jelas.

Investasikan Dana Secara Konsisten

Setiap langkah yang kita ambil haruslah dilakukan secara konsisten. Begitupula dengan melakukan investasi. Konsistensi adalah kunci keberhasilan. Alokasikan dana untuk investasi secara konsisten dari pendapatan atau gaji kita. Idealnya, ambil 30 persen dari total penghasilan setiap bulan yang diperoleh untuk kita investasikan.

Jangan Malas Belajar

Setiap investasi pasti memiliki risiko. Jadi kita sebagai investor harus belajar dan sering bertanya kepada orang-orang yang telah berpengalaman dalam menjalani dunia investasi. Selain itu cari tahu berbagai alternatif investasi dan pelajari tingkat risiko dan keuntungan yang kita dapat. Jangan malas belajar, ya teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here