Asian Games adalah pesta olahraga terbesar di Asia. Event ini dilaksanakan setiap empat tahun sekali. Selama perjalanannya, Asian Games telah menyita banyak perhatian masyarakat, tak hanya dari Asia saja, akan tetapi hingga dunia.

Jika kita melihat sejarah Asian Games, maka Indonesia ternyata pernah menjadi tuan rumah, yakni pada tahun 1962. Waktu itu Asian Games hanya mempertandingkan sebanyak 13 cabang olahraga saja. Sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya, Indonesia memilih Jakarta sebagai tempat untuk melangsungkan Asian Games, tepatnya di Stadion Gelora Bung Karno.

Event tersebut berlangsung pada 24 Agustus sampai 4 September 1962, dan dibuka secara resmi oleh Presiden Soekarno. Dengan sejarah tersebut, ternyata di tahun ini, Indonesia telah mengukir sejarah baru, yakni dengan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 untuk kedua kalinya.

Persiapan Asian Games 2018

Persiapan Asian Games 2018 telah dilakukan sejak jauh-jauh hari, dari semua stake holder. Semua infraksturtur mulai dari transportasi, area olahraga, stadion, ticketing, para atlet, dan lain sebagainya.

Persiapan Infrakstuktur
Persiapan Infrakstuktur

Indonesia sangat serius dalam mempersiapkan Asian games 2018. INASGOC selaku penanggung jawab penyelenggaraan Asian Games sangat bekerja keras untuk mensuksesskan Asian Games.

Maskot Asian games 2018

Dengan mengusung tema “Energy of Asia” Asian Games 2018 mengangkat tema keragaman budaya, bahasa, maupun peninggalan sejarah. Oleh karena itu, dengan nilai keberagaman tersebut, Asian Games 2018 memiliki 3 maskot yang merepresentasikan energi.

Apa saja sih maskot dari Asian Games 2018? Yuk kita kenalan dengan ketiga maskot Asian Games 2018.

Bhin Bhin

Maskot yang pertama diberi nama Bhin Bhin. Ia merupakan seekor burung Cenderawasih. Burung Cendrawasih melambangkan strategi. Maskot ini mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

Atung

Selanjutnya yang kedua adalah Atung. Atung adalah seekor rusa Bawean yang mempresentasikan kecepatan. Maskot ini mengenakan sarung motif tumpal dari Jakarta.

Kaka

Maskot yang terakhir bernama Kaka. Kaka adalah seekor badak bercula satu yang mempresentasikan kekuatan. Ia mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Nah dengan keberagaman tiga maskot Asian tersebut, kita sebagai masyarakat Indonesia harus mendukung terlaksananya Asian Games.

Asian Games 2018 Dalam Angka

Asian Games 2018 ternyata mencetak banyak sejarah. Beberapa di antaranya adalah Asian Games tahun ini adalah Asian games dengan peserta paling banyak selama diadakan, yakni dengan jumlah peserta 11.280 dari 45 negara. Angka ini melampui peserta atlet pada tahun 2010, di Guangzhou, Cina, yakni sebesar 9.501 atlet.

Salah satu Cabang Olahraga di Asian Games
Salah satu Cabang Olahraga di Asian Games

Selain jumlah peserta paling banyak selama diselenggarakan. Asian Games 2018 juga akan melangsungkan sebanyak 465 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga. Bukan hanya itu saja, Asian games 2018 juga akan diliput langsung oleh 570 media dengan total wartawan 9.621 dari seluruh dunia.

Fasilitas Bus Asian Games 2018
Fasilitas Bus Asian Games 2018

Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indoensia harus mendukung terlaksananya Asian Games 2018 dengan baik. Semoga Indonesia bisa meraih medali emas dan para atlet bisa mengharumkan nama Indonesia di berbagai cabang olahraga. Ayo dukung terus Asian Games 2018!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here