Indofinansial – Mempunyai kartu kredit memang sangat menguntungkan dan banyak manfaatnya. Apalagi jika kita mengerti cara penggunaan dan pembayarannya. Namun tak serta merta ketika sudah memiliki kartu kredit akan mendapatkan promo dan diskon belanja. Karena jika kebanyakan kartu kredit, malah bisa-bisa kita bingung untuk membayarnya. Langkah yang tepat adalah, miliki kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan menimbang berapa besar kemampuan kita.

Jadi ketika memiliki kartu kredit usahakan kita membayarnya dengan full payment atau membayar sesuai dengan total tagihan. Hal ini akan memnimalisir terjadinya bunga yang dibebankan kepada kita.

Kali ini IndoFinansial akan memberikan tips dan cara untuk menutup kartu kredit dengan mudah. Apa saja sih langkah yang harus kita ambil ketika ingin menutup kartu kredit dengan benar?

Bayar Semua Tagihan
Tentunya langkah ini yang utama. Saat kita ingin menutup kartu kredit, hal yang pertama adalah dengan melunasi semua tagihan yang ada. Jika tidak melunasi tagihan, maka tidak akan bisa ditutup kartu kita. Jika sudah melunasi tagihan, selanjutnya adalah kita harus melapor ke pihak bank, baik datang langsung maupun melalui call center atau customer service bank. Oh ya, selain itu kita juga harus tahu mengenai biaya-biaya pada kartu kredit.

Lapor ke Bank
Pada langkah di atas sudah disinggung, bahwa untuk menutup kartu kredit bisa dengan lapor ke bank. Ada dua cara untuk lapor ke bank, yakni dengan telepon ke customer service dan yang kedua dengan datang langsung ke bank penerbit kartu kredit. Tapi terkadang jika kita menghubungi customer service, kadang proses penutupan kartu kredit kita akan berbelit-belit dan dipersulit. Namun yang perlu digaris bawahi adalah, jika kartu kredit kita lancar dan tanpa ada masalah, maka penutupan tersebut akan cepat diproses.

Amankan Bukti Tertulis
Ketika selesai lapor ke bank, yang perlu kita lakukan adalah mintalah bukti-bukti atas penutupan kartu kredit tersebut. Hal ini sangat penting bagi kita jika misalkan di kemudian hari tiba-tiba mendapatkan tagihan kartu kredit. Bukti penutupan tersebut harus mutlak kita miliki dan simpan dengan baik, ya.

Ikuti Ketentuan yang Berlaku
Menutup kartu kredit itu sebenarnya sangat mudah dan seperti saat kita aktivasi kartu kredit. Yang terpenting dari semua itu adalah ikuti semua ketentuan dan peraturan yang berlaku dari penerbit bank. Rasanya jika kartu kredit kita tidak bermasalah, maka langkah menutup kartu kredit itu sangat mudah. Poin terpenting lagi yang perlu diketahui adalah, coba pikir baik-baik ketika ingin menutup kartu kredit, apakah benar sudah tidak terpakai atau tidak. Karena membuat kartu kredit itu bisa dikatakan gampang-gampang susah lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here