Mengelola keuangan memang bisa dikatakan susah-susah gampang, apalagi oleh pasangan yang baru saja menikah. Karena di awal pernikahan itu pasti akan membutuhkan berbagai kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan dengan yang sudah menjalani rumah tangga lebih lama.

Maka dari itu sebagai pasangan muda harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan. Hal ini sangat penting karena saat mengelola keuangan ketika masih belum menikah dan sudah menikah itu sangat berbeda.

Berikut ini tim Indofinansial akan memberikan tips dan cara mengelola keuangan bagi pasangan yang baru saja menikah:

Tentukan Kebutuhan Prioritas

Setiap rumah tangga pasti akan memiliki kebutuhan dan prioritasnya masing-masing. Namun tidak perlu khawatir akan kesulitan mana yang harus didulukan atau prioritaskan. Anda bisa melakukan dengan cara mengelompokkan kebutuhan yang benar-benar utama, barulah kita menambahkan kebutuhan pendukung lainnya. Misalnya, untuk prioritaskan pembayaran tagihan dan cicilan. Selanjutnya bisa digunakan untuk pembelanjaan kebutuhan lainnya.

Susun Anggaran Bulanan

Banyak pasangan muda bahkan yang sudah lama menjalani rumah tangga tidak membuat anggaran bulanan. Padahal ini sangat penting dan membantu pengelolaan keuangan Anda. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dengan pendapatan, sehingga tujuan dan rencana Anda bisa tercapai dengan baik di masa mendatang.

Untuk menyusun anggaran bulanan, sebagai pasangan muda harus bisa menyusunnya secara tepat. Oleh karena itu Anda harus bisa menyusun sebuah anggaran keuangan yang efektif. Anda dan pasangan tentunya memiliki pendapatan tetap setiap bulannya, maka penting untuk menghitung semua pendapatan dan pengeluaran selama satu bulan. Lakukan langkah ini secara konsisten.

Sisihkan Dana Tabungan dan Investasi

Jika sudah melakukan anggaran untuk kebutuhan utama atau prioritas, Anda dan pasangan juga harus menyisihkan sekian persen penghasilan bulanan untuk dialokasikan ke dalam investasi dan tabungan. Dengan hal ini, akan menjamin keuangan dan menambah kesuksesan di masa mendatang.

Komunikasi dan Evaluasi

Seperti yang sudah diinformasikan di awal tulisan, bahwa mengelola keuangan setelah menikah sangat berbeda ketika Anda belum menikah. Karena konsepnya adalah mengelola bersama, jadi sangat penting untuk tetap komunikasi dan saling terbuka dengan pasangan. Tujuannya adalah agar lebih mudah saat mengalami sebuah permasalahan.

Setelah berkomunikasi, hal yang Anda laukan adalah membuat evluasi secara berkala dan bertahap. Segera perbaiki sistem keuangan jika mendapati kendala di bulan-bulan sebelumnya. Hal ini akan meringankan pengelolaan keuangan di bulan selanjutnya.

Atur dengan Tepat Sejak Awal

Meskipun Anda baru saja menikah, akan tetapi upaya untuk mengatur keuangan itu harus dilakukan sejak awal. Sehingga keuangan rumah tangga Ada bisa berjalan dengan baik.

Belanja Bulanan dengan Kartu Kredit

Langkah terakhir ini juga sangat penting. Dengan memiliki kartu kredit akan bisa menikmati keuntungan dari berbagai fasilitas seperti promo dan diskon. Misalnya jika Anda memiliki kartu kredit Bank Mega, Anda bisa berbelanja di Carrefour, karena belanja di gerai ini bisa mendapatkan diskon 10 persen. Sangat menguntungkan bukan? Belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan di Kartumega.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here