Indofinansial.com – Pada bulan Februari tahun 2017, kartu kredit yang beredar di Indonesia jumlahnya adalah 17,5 juta. Dilihat dari tahun ke tahun, peredaran kartu kredit di Indonesia terus bertambah. Nah, untuk Anda yang belum memiliki kartu kredit, apa sih kartu kredit yang tepat bagi pemula itu? Hal ini karena banyak yang bingung atau menanyakan mengenai kartu kredit yang cocok untuk pertamakalinya.

Lalu apa saja sih kriteria atau tips kartu kredit untuk pemula? Setidaknya kami telah merangkum beberapa poin agar Anda bisa memilih kartu kredit yang tepat.

Tujuan Membuat Kartu Kredit

Ketika kita ingin membuat kartu kredit, untuk apasih tujuannya? Apakah untuk mendapatkan promo dan diskon di berbagai merchant atau untuk apa? Nah, hal ini yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu.

Lihat Kebutuhan

Pada saat Anda ingin membuat kartu kredit, hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah memilih kartu kredit yang benar-benar bermanfaat bagi Anda. Ketahui perbandingan kartu kredit antar bank. Misalkan apa saja kelebihan kartu kredit Bank Mega, Citibank dan lainnya. Pada dasarnya semua bank penerbit akan memberikan promo dan diskon di berbagai gerai atau restoran dan supermarket atau lainnya. Pahami dan pelajari kartu kredit terbaik yang cocok bagi Anda.

Periksa Kelengkapan Dokumen

Langkah ketiga yang Anda lakukan saat ingin membuat kartu kredit untuk pertama kalinya adalah cek kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Pada umumnya Bank Indonesia telah membuat peraturan untuk membuat kartu kredit itu persayaratan sama. Namun ada beberapa bank yang memiliki peraturan yang berbeda. Hal ini bukannya pihak bank mempersulit atau mempermudah, namun bank sudah memiliki peraturan tersendiri.

Misalkan di Bank Mega memiliki peraturan bahwa  dokumen yang harus dipersiapkan untuk membuat kartu kredit adalah hanya KTP dan slip gaji atau Surat Keterangan penghasilan saja. Berbeda kasus dengan misalnya pada Citibank, yang mewajibkan dokumen seperti KTP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, NPWP dan kartu kredit. Anda harus teliti dan wajib melengkapi dokumen sesuai persayaratan dari bank yang ingin Anda buat.

Batas Limit Kartu Kredit

Apasih yang dinamakan limit pada kartu kredit? Secara sederhana adalah, misalkan Anda memiliki kartu kredit dengan limit sebesar 5 juta. Maka Anda hanya bisa membelanjakan atau transaksi di bawah limit tersebut. Anda tidak akan bisa belanja melebihi dari limit tersebut.

Kartu kredit itu memiliki limit berbeda-beda setiap jenisnya. Saat ini limit paling kecil yang dikeluarkan oleh bank sekitar 3 juta rupiah. Namun yang pasti, pihak bank dalam menentukan limit kartu kredit kepada calon penggunanya dilihat dari berbagai hal. Misalkan dari penghasilan perbulan, usia, tempat bekerja dan masih banyak lainnya.

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui saat pertama kali ingin membuat kartu kredit. Selamat hunting kartu kredit yang tepat ya. 🙂

Oh ya, ingin buat kartu kredit dengan mudah? Indofinansial bisa membantu Anda dengan senang hati. Ajukan aplikasi kartu kredit sekarang juga